081225967356 | WhatsApp 0896-5322-5393 smkn1pajangan.bantul@yahoo.com

Setiap usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Begitu kiranya kalimat yang pantas disanding oleh Tim Akreditasi Perpustakaan Sekolah tahun 2020 di SMK Negeri 1 Pajangan. Pada acara Penyerahan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan Sekolah Tahun 2020, Rabu (10/3) Perpustakaan Wignya Wilapa meraih nilai sempurna, yakni A. Sertifikat akreditasi diserahkan langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan DPAD DIY, Djuli Sugiarto, S.Sos., M.Pd.

Prestasi ini tidak lepas dari kerja keras seluruh elemen masyarakat SMK Negeri 1 Pajangan yang telah berhasil mengubah wajah perpustakaan lama menjadi perpustakaan baru yang lebih representatif dan bernilai budaya. Proses persiapan akreditasi dimulai sejak bulan Maret 2020 dan berakhir pada bulan November 2020 lalu. Penilaian dilaksanakan secara daring oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Berbagai aspek pelayanan perpustakaan ditingkatkan. Enam komponen dan indikator kunci akreditasi pun dilengkapi, mulai dari koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan, serta komponen penguat.

Saat ini, jumlah koleksi buku tercetak yang dimiliki Perpustakaan Wignya Wilapa SMK Negeri 1 Pajangan sejumlah 2.501 judul, 2.780 eksemplar. Sementara itu, layanan yang tersedia meliputi: layanan sirkulasi, layanan baca di tempat, layanan bercerita, layanan anak, layanan referensi, layanan audio visual, layanan internet dan multimedia, layanan oase baca, serta layanan Pak-Bu (Paket Buku). Selama masa pandemi covid-19, layanan perpustakaan dilaksanakan melalui live streaming di akun facebook dan instagram Perpustakaan Wignya Wilapa.

Teriring harapan, semoga Perpustakaan Wignya Wilapa SMK Negeri 1 Pajangan dapat mempertahankan prestasi dan meningkatkan pelayanan di masa depan. Dengan begitu, filosofi Wignya Wilapa sebagai “tempat berkumpulnya orang-orang pintar” bukan semata isapan jempol belaka.