081225967356 | WhatsApp 0896-5322-5393 smkn1pajangan.bantul@yahoo.com

Masih dalam rangkaian hari ulang tahun Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) yang ke-31, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UBSI Kampus Yogyakarta menyelenggarakan Lomba Karya Kreatif Pelajar untuk Pelajar tingkat SMA/SMK di Yogyakarta (Jumat, 26/04/2019).

Lomba karya kreatif ini merupakan lomba terakhir yang diadakan dalam rangka ulang tahun UBSI. Lomba karya kreatif pelajar ini adalah lomba yang dibuat untuk mewadahi pelajar yang memiliki karya kreatif dan inovatif sesuai bidang masing-masing.

Sardiarinto, M.Kom. selaku panitia menjelaskan bahwa sekolah dapat mengirimkan wakilnya untuk mengikuti lomba dan sudah ada produk jadi yang akan dipresentasikan di depan juri. Selanjutnya, peserta lomba memaparkan konsep karyanya mulai dari awal dibuat sampai jadi.

Penilaian didasarkan pada kreativitas dan inovasi, kebermanfaatan, teknologi terbarukan, dan pemaparan presentasi. Dari banyak sekolah yang mengirimkan karyanya, hanya dipilih 6 kelompok yang masuk ke babak final. Masing-masing kelompok beranggotakan maksimal 3 orang.

Presentasi dilakukan dihadapan dua orang dewan juri, yaitu Wahyu Eko Susanto, M.Kom. dan Diah Pradiatiningtyas, SE., M.Sc. yang merupakan Dosen Sistem Informasi UBSI. Diah sendiri yang selama ini fokus di Manajemen Bisnis sangat antusias menjadi juri lomba ini, ”Karya pelajar sangat berpotensi memiliki keunikan dan inovasi, bisa menjadi peluang usaha juga jika karyanya dapat diwadahi secara tepat”, ujarnya.

Lain lagi halnya dengan Wahyu Eko yang selama ini memiliki keahlian dalam merancang program-program terkait teknologi informasi, Wahyu berharap karya yang dilombakan tidak berhenti sampai lomba saja tapi bisa dikembangkan dan berlanjut terus.

Sementara Dr. Mochamad Wahyudi, MM., M.Kom., M.Pd. selaku Rektor UBSI menyampaikan bahwa UBSI menyelenggarakan banyak kegiatan dalam mengisi hari lahir UBSI ke-31, salah satunya adalah lomba karya kreatif pelajar ini. “Diharapkan UBSI bisa menjadi fasilitator pelajar dalam menghasilkan karya pelajar unik dan memberikan apresiasi besar atas kreativitasnya. UBSI pun memiliki program beasiswa bagi pelajar yang memiliki prestasi,” katanya.

Setelah melewati serangkaian penjurian dan presentasi, keluar sebagai juara 3 SMKN 1 Pajangan Bantul yang menghadirkan karya Kotak tissue berbahan kayu jati yang diketuai Riski Rusdianto kelas XI dari jurusan Kriya Kreatif Kayu dan Rotan, Juara 2 diraih SMKN 2 Magelang yang berinovasi menciptakan website agrikultur diketuai Muhammad Guskhamin kelas XI dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, dan Juara 1 diraih oleh SMKN 1 Pajangan Bantul lagi dengan karyanya berupa Lampu Emergency dari Kayu Jati yang terbuat dari baterai bekas laptop yang diketuai Dwiki Pradika kelas XI dari jurusan Kriya Kreatif Kayu dan Rotan. Setiap pemenang mendapatkan piala dan uang pembinaan dari UBSI.

Dewan juri tertarik dengan limbah baterai bekas laptop yang digunakan kembali untuk menyalakan lampu emergency. Setiap baterai laptop yang sudah mati pasti ada satu atau beberapa bagian yang masih menyala sehingga dapat dimanfaatkan kembali. (*)

Sumber :
https://krjogja.com/web/news/read/97743/Siswa_SMKN_1_Pajangan_Juara_1_Karya_Kreatif_Pelajar_UBSI

Tag : #kuliahbsiaja #bsi #ubsi #karyakreatifpelajar